Cara Menanam Sayuran di Polybag


Untuk menanam sayuran sebenarnya tidak sesulit yg kita bayangkan,sayuran itu seperti manusia juga, sayuran perlu makanan (pupuk), perlu minuman , perlu pemeliharaan kesehatan , nah jika ketiga itu terpenuhi maka tanaman sayuran akan tumbuh optimal.
persiapan yg kita perlukan untuk memulai menanam sayuran di halaman rumah cukup sederhana sekali peralatannya , cangkul ,sendok semen/sekop kecil,sprayer(tank semprot ada yg ukuran 2 liter)atau bisa pakai sprayer untuk menyetrika baju.
untuk media tanam kita bisa menggunakan polybag,ember plastik,atau apa saja yg bisa menampung tanah , untuk tanaman seledri saya menggunakan polybag ukuran 1 kg sedangkan tomat & cabe yg ukuran 4 kg .
pertama kita masukkan tanah dan kompos/pupuk kandang kedalam polybag 1/3 ukuran polybag nggak usah di isi penuh , karena nanti setelah tanaman agak besar kita akan menambah kompos dan tanah. perbandingan kompos dan tanah 1:1 (kompos sekarang banyak di jual di toko pertanian / tempat penjual tanaman hias jika di kota besar ), setelah polybag terisi tanah dan kompos lalu di siram dengan HAK & EM4 (humid acid,kalium & efective mikroorganisme) di jual di toko pertanian jika anda kesulitan mendapatkanya anda cukup menyiram dengan air bekas cucian ikan/ayam/daging,atau air bekas cucian beras. nah mulai sekarang anda tidak boleh lagi membuang air bekas cucian beras, ayam,ikan , dan juga sisa sayuran yg tidak terpakai itu bisa di gunakan untuk pupuk cair.
caranya sangat gampang anda siapkan ember yg ada tutupnya , lebih bagus yg ukuran 20 liter . setiap anda habis mencuci beras ,ayam ,daging dan juga sisa sayuran tadi , anda masukkan kedalam ember tadi tutup rapat , juga tambah gula putih 1 kg dan air kelapa tua 1 liter , setelah 7 hari jadi pupuk cair yg bisa di gunakan untuk pupuk tanaman anda tadi.
kembali ke cara tanam tadi untuk bibit sayuran kita harus membeli ke toko pertanian sebelum di tanam biji di rendam dulu dengan air hangat kuku +- 15 menit lalu bisa langsung tanam ke polybag,
setelah 3 hari biasanya tanaman mulai tumbuh , untuk menghindari tanaman muda mati terkena hujan, anda bisa gunakan botol air mineral yg berbentuk gelas untuk menutupi tanaman sampai berumur 1 bulan , dan jangan lupa tanaman jangan sampai kekeringan gunakan air cucian beras untuk menyiram tanaman anda ( untuk seledri tanah harus selalu lembab usahakan siram setiap hari untuk daerah kering atau musim kemarau ).
nah setelah makanan dan minuman sudah terpenuhi sekarang pemeliharaan kesehatan , di sini saya hanya memberi pemeliharaan secara organik karena untuk skala kecil biasanya tanam jarang terkena penyakit. untuk penyemprotan seminggu sekali gunakan 2 siung bawang putih tumbuk halus campur dengan air 2 liter , semprot ke tanaman secara merata .
untuk tanaman tomat & cabe jika ada kutu putih di tanaman bisa anda semmprotkan ekstrak daun sirsak/srikaya/bijinya , daun sirsak 15 lembar tumbuk halus campur dengan air 2 liter saring airnya semprot merata ke tanaman.
nah inilah cara sederhana dan paling gampang untuk berkebun di halaman rumah,selamat mencoba.