Jenis Nama-nama Ikan Hias Air Tawar

Buat Anda yang pengen tau jenis-jenis ikan hias air tawar silahkan dilihat nama dan gambarnya,siapa tau kepincut dan pernah liat tapi gak tau namanya.

1. Ikan Mas Koki
Ikan ini punya banyak variasi,dari berbagai jenis.Ikan ini gerakannya lucu megal megol karena bodynya emang proporsional untuk ukuran ikan yang keliatan semok.


2. Ikan Koi
Ikan yang banyak dipelihara di kolam taman,gerakannya pelan n luwes,ikan koi sendiri terdiri dari bermacam2 varian sesuai warna sisiknya.


3. Ikan Komet
Ikan ini punya gerakan yang lincah,pada masa mudanya ekornya tidak terlalu lebar,namun setelah dewasa ekornya akan semakin lebar n membuatnya terlihat gemulai dipandang.


4. Ikan Discus
Ikan berbentuk pipih ini punya aksen yang indah di tubuhnya,tergolong mewah n mahal tergantung warna dan ukurannya.


5. Ikan Manfish
Ikan yang cenderung hanya melayang n terkesan paling kalem diantara jenis ikan hias yang lain,bergerak hanya seperlunya,nampak seperti layang2.


6. Ikan Bala Shark
Ikan dengan sisik metalik,juga sirip berwarna kontras hitam n putih,bentuk tubuhnya menyerupai ikan hiu membuatnya nampak beda dari ukurannya.Ikan ini cenderung bukan ikan yang galak.


7. Ikan Sumatra
Seperti namanya ikan ini berasal dari pedalaman sumatra,ukurannya kecil hanya sekitar 2-3 cm.


8. Ikan Cupang
Ikan ini biasanya dikategorikan jadi ikan petarung atau ikan hias, cupang hias dinilai dari bentuk sirip dan gradasi warna siripnya.


9. Ikan Lemon
Ikan ini memiliki warna jeruk lemon yang matang sekali,pada lemon dewasa pada ujung sirip atasnya terlihat warna hitam.Ikan lemon cenderung agresif,tidak dianjurkan dicampur dengan ikan mas koki dan teman2nya.


10. Ikan Blackghost
Ikan ini berasal dari pedalaman sungai amazon adalah ikan nocturnal,yaitu hanya berkeliaran dimalam hari dalam kondisi gelap,makanya ketika siang hari,ikan ini tampak terlihat sangat pemalu.Bentuk blackghost memungkinkannya melakukan manuver gerakan yang tidak bisa dilakukan ikan lain.


11. Ikan Arwana
Ikan asli Indonesia yang mahal harganya,berasal dari pedalaman kalimantan,arwana biasanya dijual dengan sertifikat.


12. Ikan Sapu-Sapu
Ikan sapu adalah ikan yang bertugas sebagai OBnya akuarium,ya tugasnya membersihkan lumut2 yang menempel di kaca akuarium,Hobbynya adalah nempel di dinding kaca akuarium,ikan sapu biasanya berwarna hitam dan yang albino berwarna kecoklatan.


13. Ikan Parrot
Dinamai parrot karena memiliki bentuk moncong mirip burung kakaktua,cenderung agresif dan biasanya hanya berteman dengan sesama parrot.


14. Ikan Corydoras
Para penjual ikan sering menganggapnya jenis ikan sapu,karena bentuk dan sifatnya mirip tapi bedanya corydoras lebih atraktif dan jarang berdiam diri dalam satu tempat.


15. Ikan Molly
Molly adalah keluarga ikan kecil yang punya banyak variasi,ikan yang cenderung damai dengan ikan lain.


16. Ikan Mickey Mouse
Ikan ini memiliki bentuk tompel dibagian pantat berbentuk tiga buah lingkaran yang menyerupai kepala miki mouse,ukurannya kecil dan dari bentuknya kemungkinan masih merupakan bagian keluarga ikan molly.


17. Ikan Spatula
Ikan jenis alligator mirip buaya.


18. Ikan Oscar
Untuk jenis ikan galak yang murah tapi bagus Oscar bisa jadi pilihan,warna dasar hitam dengan corak merah lava.


19. Ikan Louhan
Ikan yang pernah menjadi trendsetter di kalangan pecinta ikan di Indonesia,Louhan dengan kepala benjolnya masih memiliki nilai jual yang tinggi,tipe agresif dan penguasa,Louhan merupakan jenis ikan hias karnivora.


20. Ikan Guppy
Ikan ini ukuran tubuhnya cukup mungil dari kepala sampai pantat paling hanya 1,5 cm ditambah ekornya sekitar 1 cm,yang menarik dari guppy memang corak ekornya,tapi ada baiknya guppy hanya disatukan dengan jenis2 ikan yang kecil seperti molly agar tidak jadi bulan2an ikan yang lebih besar.


21. Ikan Redfin
Ikan ini memiliki ciri langsing dan bersirip mirip black shark serta berekor merah,untuk warna tubuh ikan ini yang albino berwarna putih kemerahan.


22. Ikan Palmas
Ikan berkaki dan memiliki sirip atas seperti punggung stegosaurus,entah sebenarnya palmas ini adalah keluarga ikan atau reptil belum jelas.


23. Ikan Botia
Dari warnanya Botia mirip dengan ikan sumatera hanya bentuk bodynya lebih panjang dan mirip dengan redfin.


24. Ikan Swordtail
Masih dari keluarga molly,swordtail memiliki ekor bagian bawah yang lebih panjang dan terkesan runcing,seperti keluarga molly lainnya ikan ini adalah jenis ikan yang kecil.


25. Ikan Gurami Padang
Seperti hal namanya ikan ini berasal dari padang dengan warna sisik putih bersih,cenderung agresif.


26. Ikan Sepat Hias
Ikan ini memiliki berbagai varian,salah satunya dibawah ini adalah sepat hias lurik,dengan bentuk badan bergaris2 merah dan putih.


27. Ikan Niasa
Jenis ikan kecil yang memiliki corak horizontal dari mata sampai ke ujung ekornya..Ikan ini cenderung agresif,


28. Ikan Red Zebra
Jenis ikan hias yang bisa dibilang paling kecil, ukurannya hanya 1-1,5 cm namun memiliki gerakan yang gesit.


29. Ikan Black Shark
Hiu hitam, meskipun diberi nama demikian tapi ikan ini enggak terlalu galak kok masih bisa hidup bertetangga dengan koki.


30. Ikan Belida
Jenis ikan yang unik dengan tubuh menggelambir seperti blackghost hanya saja dalam ukuran yang belasan puluhan kali lebih besar dan memiliki corak di badannya berupa titik2 hitam besar dengan garis cerah.Belida hidup di perairan sumatera dan dulunya dijadikan sebagai bahan utama pembuat pempek palembang,namun setelah harga ikan belida semakin mahal maka bahan bakunya diganti dengan ikan lain.


31. Ikan Congo Tetra
Ikan yang memiliki bentuk sirip dan ekor unik, ekornya membentuk trisula dan warnanya keperakan, congo tetra merupakan keluarga dari ikan tetra.


32. Ikan Catfish
Ikan lele dengan warna tubuh sebelah atas hitam pekat dan tubuh bagian bawahnya putih bersih,catfish bisa mencapai panjang 1-1,5 meter.


33. Ikan Barbir
Jenis ikan kecil yang hidup bergerombol, sering disebut wader dari sumatera.


34. Ikan Platy
Adalah jenis ikan kecil lainnya, bentuknya mirip ikan molly mungkin masih satu keluarga juga, jenis ikan kecil seperti ini cocok untuk para penggemar ikan pemula karena harganya murah meriah.

35. Ikan Glassfin
Ikan ini merupakan jenis keluarga tetra,tubuhnya cenderung transparan menyerupai gelas kaca sehingga disebut glassfin.


36. Ikan Cardinal Tetra
Seperti keluarga tetra yang lain,cardinal tetra memiliki sisik yang berkilau,bodynya termasuk yang terkecil dalam keluarga tetra,terbiasa hidup bergerombol.


37. Ikan Neon Tetra
Neon tetra memiliki ukuran yang sama dengan cardinal tetra,bedanya warna merahnya tidak sedominan cardinal tetra,ikan ini juga senang bergerombol dengan teman2nya.


38. Ikan Flying Fox
Seperti namanya ikan ini memiliki bentuk tubuh mirip seperti punggung rubah,sehingga terlihat seperti rubah yang beterbangan di dalam aquarium.


39. Ikan Silver Scat
Sepintas ikan ini berbentuk mirip silver dollar tetapi memiliki motif punggung seperti zebra dan bagian perutnya seperti macan tutul.


40. Ikan Araipama
Ikan yang mirip monster ini termasuk ikan yang bisa mencapai ukuran 1Meteran lebih.


Demikian posting ini saya buat,mungkin banyak jenis ikan yang lainnya belum saya sebutkan, karena saya hanya mengetahui sebagian saja.
 
Sumber