Sharing File di Android SDK Emulator dan PC

Share file memang sangat diperlukan di berbagai operating sistem, tidak terkecuali di android. Walaupun hanya android emulator, akan tetapi sharing file diperlukan untuk beberapa keperluan. Misalnya untuk mengupload foto, menyimpan foto ke android sdk emulator dan bermacam hal yang tentunya sangat berguna untuk kamu yang gemar ngoprek android. Awalnya memang cukup susah untuk cara share file ke android emulator, akan tetapi saya teringat pada pelajaran sekolah waktu kelas satu yaitu mengenai xampp. Xampp yaitu suatu aplikasi yang support dengan apache, mysql, filezilla dan mercury. Sehingga kita dapat membuat localhost sendiri. Oke kembali ke topik, tentang cara sharing file di android sdk emulator dan pc.
Pertama, silakan download xampp disini.
Selanjutnya silakan install xampp nya dan kemudian pada akhir proses instalasi langsung jalankan.
Pilih Yes, setelah xampp running selanjutnya kita jalankan apache dan mysql dengan cara klik start pada kedua servis ini.
Perhatikan, apache dan mysql sudah running pastikan kamu bisa mengakses localhost di komputer kamu dengan browsing ke http://localhost. Tahap pertama selesai, kemudian kita buat folder untuk sharing filenya. Silakan cari folder htdocs yang defaultnya berada di C:\xampp\htdocs. Nah di dalam folder tersebut kita buat folder misalnya folder sharing.
Jika kamu ingin sharing foto ke android sdk, silakan masukkan foto kamu ke folder sharing tersebut.
Sekarang beralih ke android SDK. Pada defaultnya ip localhost adalah 127.0.0.1 tapi setelah baca di homepage android sdk ternyata pada android SDK ada perubahan IP yaitu sebagai berikut:
Jadi perubahan ip 127.0.0.1 pada android sdk dapat di akses di 10.0.2.2 nah sekarang silakan dari browser android sdk kamu browsing ke http://10.0.2.2 dan hasilnya adalah seperti ini:
Nah sekarang kita masuk ke direktori sharing tadi, maka isi dari folder sharing akan muncul. http://10.0.2.2/sharing
 
Maka semua isi yang ada di folder sharing tadi akan tampil, untuk memastikan silakan klik salah satu file tersebut dan hasilnya adalah:
Sekarang sharing file sudah berhasil, untuk mendownload file langsung kamu bisa klik kiri dan tahan agak lama pada link file kamu sampai keluar menu dan kemudian pilih save link.
 
Setelah save link maka untuk gambar bisa langsung di lihat pada menu galery di menu android kamu, atau jika file berektensi lain bisa kamu lihat pada menu download.
catatan: jika browser android sdk kamu tidak bisa mengakses 10.0.2.2 sementara di pc sudah bisa mengakses http://localhost maka silakan kamu restart dulu android sdk emulator kamu.

  • SUMBER
        http://www.naditkj.web.id/sharing-file-di-android-sdk-emulator-dan-pc/