Panduan Memilih Kertas

Kali ini di Tips dan Trik seputar komputer akan membahas bagaimana memilih kertas yang pas dan bagus dalam mencetak suatu gambar / image.artikel ini dikutip dari majalah computer easy tahun 2006 serta sengaja saya ambil dan di publikasikan karena sangatlah menarik dan memberikan ilmu serta manfaat bagi kita yang akan memilih kertas untuk mencetak foto.coba Anda perhatikan foto Anda yang telah dicetak setahun yang LaLu. Apakah warnanya memudar dan beda dengan saat Anda baru saja mencetaknya? Hal ini mungkin disebabkan karena Anda menggunakan printer dan jenis kertas biasa. Zat kimia dalam udara dapat mempengaruhi hasil cetak. Walaupun tinta keluaran terbaru dapat menahan cahaya, air dan udara, namun rahasia agar foto bisa tahan 100 tahun ada pada kecocokan jenis kertas, printer, dan tinta. Jika ingin mencetak foto digital, sebaiknya gunakan printer foto yang memiliki enam warna.


Apa yang Anda cetak?
Sebaiknya, gunakanlah kertas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, sebelumnya harus jelas sebuah kertas akan digunakan untuk apa. Pada umumnya, kertas ukuran A4 digunakan korespondensi bisnis. Selain itu, banyak perkerjaan mencetak lain seperti mencetak foto, kartu ucapan, label dan stiker, kalender, poster, banner, brosur, kartu nama, materi untuk promosi dan marketing, dan sebagainya. Jenis kertas yang sesuai dengan pekerjaan-pekerjan diatas tersedia di toko buku atau Anda dapat memesannya secara online melalui Internet. Pastikan juga pada plastik kertas tersebut terdapat tulisan seperti "Cocok untuk foto digital" atau "Untuk label dan sticker". Tergantung dari aplikasinya, kertas ini bisa mempunyai tampilan, ketebalan, dan berat yang berbeda. Kertas juga mempunyai feature tertentu seperti tahan air, cepat kering, dapat mengunci warna, dan sebagainya.

Berapa banyak yang dibutuhkan?
Demi faktor biaya, sebaiknya rencanakan dulu kebutuhan Anda. Kertas biasanya di-jual dalam paket dengan jumlah tertentu. Paket ini biasanya terdiri dari kelipatan 20 atau 25 lembar. Lebih irit jika Anda mem-beli paket 100 Lembar daripada membeli 5 kali sebanyak 20 lembar secara terpisah.

Merk dan kecocokan kertas
Para pembuat printer seperti Hewlett-Packard, Epson, dan Canon menawarkan berbagai macam jenis kertas. Jika Anda menggunakan salah satu dari printer ini, membeli kertas dari pabrikan di atas sangat disarankan. Sebab, jenis kertas yang dibuat kompatibel dengan printer dan tintanya dapat membuat hasil cetak terlihat sempurna. Jika biaya menjadi perhatian Anda, Anda dapat menggunakan kertas dari pihak ketiga seperti Kodak dan Fuji Film.

Pilihan ukuran kertas
Ukuran kertas merupakan salah satu faktor yang harus Anda perhatikan. Bacalah manual printer untuk memastikan ukuran kertas yang didukung oleh printer Anda.Jika tidak mempunyai manualnya,Anda bisa mengetahuinya melalui Print Properties.Dari Windows,pilih     menu Start dan pilih "Printers and Faxes".Dibawah tab Setup,cari bagian"Paper Size".Klik icon panah bawah dan catatlah berbagai macam kertas yang didukung printer Anda. Ukuran kertas biasanya ditampilkan dalam standar ISO (International Standards Organization) seperti A3,A4 atau dalam satuan inci atau  millimeter (mm). Untuk mengetahui lebih banyak tentang ukuran-ukuran kertas yang menggu-nakan standar ISO ini, kunjungi website Bob's Print Guide di www.bobs.co.uk/print/PaperSizes.html Pada standar ISO, kertas seri A sangat populer.Seri C umumnya digunakan untuk amplop. Sedang kertas seri B digunakan untuk kertas yang ukurannya lebih besar dari seri A. Kebanyakan printer rumahan saat ini mendukung ukuran A4 (210 x 297 mm] atau Letter (8.5" x 11"). Namun, jika Anda membutuhkan hasil cetak yang lebih besar. gunakan printer yang mendukung kertas dengan ukuran A3 1297 x 420 mm). Untuk banner, poster,atau ukuran yang lebih besar lagi, Anda membutuhkan printer yang mendukung kertas dengan ukuran A0 (841 x 1189 mm). Selain itu, terdapat pula ukuran-ukuran khusus, seperti 4" x 6* dan 5" x 7" untuk mencetak foto digital, atau 11" x 17" (untuk buku tulis),dan 13" x 19" (untuk foto).
 
Jenis kertas
Kertas dapat mempunyai permukaan yang glossy (mengkilap), matte (buram), dan normal. Pilihan kertas ini harus didasarkan pada kebutuhan Anda (apa yang akan Anda cetak?).Kertas Glossy menghasilkan warna yang lebih tajam sehingga sesuai untuk foto. Matte menawarkan tekstur kertas yang lebih kaya,sehingga cocok digunakan untuk brosur atau poster. Lapisan pada kertas glossy membuat foto Anda seperti dicetak dari film.Beberapa kertas glossy membutuhkan waktu lebih lama sampai tintanya mengering,karena lapisannya menjaga kertas dari serapan tinta yang berlebihan.Meski demikian,kertas glossy yang lebih cepat kering sudah banyak tersedia di pasaran. Tergantung dari intensitas kilauannya,ada berbagai macam jenis kertas glossy,yakni high gloss, gloss,softgloss, atau semi gloss. Kertas satin kurang mengkilap. Sementara Matte agak kasar, lebih tebal, dan lebih tahan lama. Beberapa jenis kertas ini dapat dicetak pada kedua sisinya.  Banyakorang yang lebih memilih kertas matte untuk mencetak foto. Hal ini disebabkan karena kertasnya tidak menempel satu sama lain atau menempel pada plastik dalam album foto (seperti kertas glossy). Hasil foto yang dicetak pada kertas matte tidak memantulkan cahaya dan tidak mengkilap.

Kualitas kertas foto
Karena zat Ozone di udara, hasil cetak pada kertas dan printer biasa tidak akan bertahan lama. Untuk membuat hasil cetak tahan lama (15 - 100 tahun), gunakan printer foto dan kertas khusus foto. Memang, kertas semacam ini harganya lebih mahal, namun memiliki lapisan khusus yang tahan pudar. Selain kertas foto premium, ada pula jenis kertas lainnya. HP menawarkan kertas yang lebih canggih dan ideal untuk mencetak di lingkungan yang lembab. Tintanya cepat ke-ring, tidak mudah kental, dan lebih ekonomis. Sehingga, saat mencetak warna tinta tidak tembus ke sisi kertas lainnya.

Berapa tebal?
Jika tebal kertas terlalu tipis sementara yang dicetak menggunakan banyak warna dan gratis, maka gambar yang dicetak akan tembus ke sisi lainnya. Jadi, sebaiknya pilihlah kertas yang lebih tebal untuk kartu nama, brosur, dan kartu ucapan. Ketebalan kertas biasanya diukur dalam mil (1 mil = 0.001 inci). Ketebalan kertas matte biasanya antara 8 sampai 10 mil. Kertas foto biasa sekitar 6 sampai 8 mil. Dan untuk kartu nama dapat menggunakan kertas de-ngan ketebalan 10 mil atau lebih.

Bagaimana dengan beratnya?
Faktor lain yang menentukan kualitas dari kertas adalah beratnya, yang biasanya menggunakan satuan pounds (lb.) atau gram per meter persegi (g/m2). Kertas foto untuk Inkjet biasanya sekitar 24 sampai 71 lb. (90 sampai 270 g/m2). Berhati-hatilah dengan is-tilah "heavyweight" yang tertulis dalam bungkus kertas. Tulisan tersebut tidak me-nunjukan bahwa kertas tersebut lebih berat dari yang lainnya. Namun, lebih mengarah pada "dapat memberikan tampilan yang lebih profesional". Selain itu, cek juga penyerapan tinta oleh kertas (menurut beratnya).

Selamat mencoba ya dan selamat mencetak juga......